Jangan Salah: Inilah Urutan Chord Gitar Dasar Yang Harus Dikuasai Pemula

Jangan Salah: Inilah Urutan Chord Gitar Dasar Yang Harus Dikuasai Pemula

Seperti studi terhadap umumnya, kami tidak sanggup langsung mahir begitu saja, tapi ada tahapan tahapan tertentu untuk memudahkan kami belajar. Jika tidak memakai tahapan, maka mempelajari suatu hal akan menjadi sulit, juga di di dalam studi gitar ini.

Untuk itu di di dalam artikel ini, kami akan memberitahu pembaca Gitagram, khususnya yang baru studi gitar, agar mempelajari kunci gitar yang gampang dulu agar tidak menjadi berat. Jika anda telah mahir, sebaiknya tidak mesti membaca artikel ini, tapi sebaliknya jika anda baru memulai studi gitar, kami anjurkan membaca hingga tuntas dan pelajari satu per satu pelan-pelan agar cepat lancar.

Chord Gitar yang mesti dikuasai pertama

Ada banyak sekali chord, tapi di di dalam satu lagu tidak barangkali langsung dimainkan semuanya. Bahkan ada lagu yang hanya memuat 2 atau 3 chord saja.

Kalau senang studi gitar, inilah chord yang mesti dikuasai pertama.

3 Kunci Dasar Mayor (C, F, G) chord

Tiga kunci ini mesti dikuasai pertama, jadi bukan A, B, C tapi C, F, G. Karena jarang sekali lagu yang kuncinya A, B, C, lebih kerap C F G.

So, sebelum saat studi kunci yang lain, lancarkanlah dulu kunci C, F, G.

Sebagian besar lagu mudah, kebanyakan memakai 3 kunci ini, contohnya lagu Balonku

Chord Balonku

Tidak hanya balonku, tersebut semisal lagu yang hanya memakai 3 kunci ini:

1. Bintang Kecil

2. Burung Hantu (hanya 2 kunci)

3. Cicak-cicak di Dinding

4. Menanam Jagung

5. Naik-naik ke Puncak Gunung

Kunci Dasar Minor (Am, Dm, Em)

Setelah menyadari kunci basic CFG, sehabis itu adalah mempelajari kunci minor dari suara basic C yakni Am, Dm, Em.

3 Kunci minor ini juga sepaket dengan dengan 3 kunci mayor yang telah kami bahas terhadap awalannya (C, F dan G), jadi jika ada lagu dengan dengan suara basic C, maka kunci mayornya C, F dan G, tapi kunci minornya Am, Dm dan Em.

Dalam satu lagu, chord gitar ini tidak tetap dipakai bersamaan, kadang hanya Am dilengkapi C F G, kadang juga Hanya Dm yang ikut, tersebut semisal lagu untuk studi memakai kunci minor.

Tri Suaka – Aku Bukan Jodohnya

Slam – Gerimis Mengundang

Kunci D dan E Mayor

Setelah mengenal kunci mayor dan minor dari suara basic C, jangan buru-buru studi kunci yang lain. Karena jarang sekali ada lagu yang chordnya keluar dari suara dasar, jika lagu-lagu tertentu dari Dream Theater misalnya, kami sendiri tidak menganjurkan lagu-lagu ada masalah untuk pemula. Seperti kami dulu awalannya juga studi dengan dengan lagu-lagu sederhana, karena studi perlu proses, tidak ada yang instan.

Kembali ulang ke topik, di lebih dari satu lagu, kadang ada chord tambahan dari suara basic C, yakni Dm berubah jadi D dan Em berubah jadi E.

Contohnya terhadap lagu Kehilangan yang dinyanyikan oleh Firman

Firman kehilangan

Pada lagu tersebut, Em berubah jadi E Mayor yang ditulis dengan dengan E saja.

Mencoba Lagu Lain dengan dengan Kunci ini

Dengan kunci basic yang telah kami pelajari sebelumnya, sebenarnya telah cukup untuk menyanyikan banyak lagu, walau lagu tersebut tidak memakai suara basic C, yakni dengan dengan fitur Transpose atau Ganti Kunci.

Semua Kunci Gitar yang ada  terhadap Gitagram sanggup diubah kuncinya sesuka hati memakai fitur Transpose, yakni dengan dengan menghimpit icon panah atas dan bawah yang ada di kanan bawah.

Transpose

Demikian semoga membantu para pemula yang dambakan memulai studi dari mana dulu. Saran kunci dan lagu ini hanya untuk mempermudah sistem belajar, semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PBNBacklink.net: Solusi Terbaik untuk Meningkatkan SEO dan Traffic Website Anda

Tips Jualan Online Laris dan Cepat Laku, Bukan Hanya Posting Produk di Status WhatsApp

Lirik Lagu 'Kisah Sang Rosul', Abdullah nama ayahnya Aminah ibundanya