Jenis Pondasi Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Pondasi Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Dalam sistem konstruksi, pondasi tempat tinggal merupakan bagian berasal dari susunan bangunan yang benar-benar penting dan vital. Tanpa adanya pondasi rumah, bangunan berikut tak dapat mampu berdiri dengan tegak di atas tanah. Oleh sebab itu, keberadaan pondasi tempat tinggal penting ada di fase awal pembangunan.

Ada beberapa tipe pondasi tempat tinggal yang digunakan dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada yang khusus untuk pondasi tempat tinggal minimalis, pondasi tempat tinggal 2 lantai, dan pondasi tempat tinggal bertingkat banyak. Selain tipe pondasi, ukuran pondasi tempat tinggal dan bahan-bahannya termasuk mesti diperhatikan. Berikut ini adalah 6 tipe pondasi tempat tinggal yang mesti Anda ketahui beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pondasi tempat tinggal batu kali

Walaupun terbilang konvensional, pondasi batu kali hingga kini masih memadai banyak digunakan. Proses pembuatannya yang simple hingga bahan-bahannya yang diperoleh mengakibatkan pondasi tempat tinggal tipe ini masih populer hingga sekarang. Bahan utama yang diperlukan untuk mengakibatkan pondasi batu kali bersifat batu kali, semen, dan pasir. Ukuran pondasi tempat tinggal batu kali ini biasanya berkisar 60-100cm Pondasi Bore Pile .

Pondasi batu kali benar-benar sesuai untuk digunakan sebagai pondasi tempat tinggal minimalis. Kelebihan berasal dari pondasi batu kali adalah sistem pembuatannya yang gampang dan biaya yang diperlukan memadai terjangkau. Pondasi batu kali termasuk populer tahan banjir maupun gempa. Kekurangannya adalah tipe pondasi ini tidak sesuai digunakan untuk pondasi tempat tinggal 2 lantai atau lebih sebab tidak cukup kokoh untuk menahan beban vertikal. Selain itu, ada daerah-daerah yang jarang mempunyai bahan batu kali, khususnya di area pelosok dataran rendah, supaya harganya jadi mampu menjadi mahal.

Artikel lainnya: Berencana Renovasi Rumah? Hindari 5 Kesalahan Renovasi Ini!

Pondasi tempat tinggal plat beton lajur

Pondasi plat beton lajur mampu menjadi pengganti pondasi batu kali kecuali Anda kesusahan untuk menemukan bahan baku batu kali. Pondasi ini termasuk lebih kuat dibanding pondasi batu kali sebab semua bagian pondasi pakai beton bertulang supaya sesuai menjadi pondasi tempat tinggal 2 lantai atau lebih. Ukuran pondasi tempat tinggal tipe ini berkisar 70-120 cm.

Kelebihan berasal dari pondasi plat beton lajur adalah bahannya yang gampang didapatkan dan biaya pembuatannya yang termasuk murah. Namun kelemahannya adalah sementara untuk mengakibatkan pondasi ini memadai lama dan rumit sebab mesti merakit kerangka besi, sesudah itu mengakibatkan cetakan dan bekisting, sesudah itu baru dilakukan pengeringan.

Pondasi tempat tinggal telapak

Mirip dengan pondasi plat beton lajur, pondasi telapak termasuk terbuat berasal dari beton bertulang dengan dasar pondasi yang bersifat bujur sangkar. Karena sifatnya yang kuat, pondasi ini sesuai menjadi pondasi tempat tinggal 2 lantai ataupun pondasi tempat tinggal minimalis.

Kelebihan berasal dari pondasi telapak adalah galian tanah yang diperlukan tak mesti sedalam pondasi plat beton lajur, supaya sementara yang diperlukan untuk mengakibatkan pondasi lebih cepat. Namun yang menjadi kekurangannya adalah tidak semua tukang bangunan paham langkah pembuatan pondasi tapak, supaya diperlukan bantuan dan diawasi oleh tukang ahli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PBNBacklink.net: Solusi Terbaik untuk Meningkatkan SEO dan Traffic Website Anda

Tips Jualan Online Laris dan Cepat Laku, Bukan Hanya Posting Produk di Status WhatsApp

Lirik Lagu 'Kisah Sang Rosul', Abdullah nama ayahnya Aminah ibundanya